Gizi Ibu Menyusui

bayi-2Gizi Ibu Menyusui – The American Academy of Pediatrics merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan selanjutnya minimal selama 1 tahun. WHO dan UNICEF merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan, menyusui dalam 1 jam pertama setelah melahirkan, menyusui setiap kali bayi mau, tidak menggunakan botol dan dot. Menyusui sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah melahirkan. Bayi dan ibu yang melakukan proses menyusui dalam 1 jam pertama setelah melahirkan memiliki keberhasilan yang lebih besar dari mereka yang menundanya. Bayi baru lahir sebaiknya disusui setiap 2-3 jam sampai bayi merasa puas. Menyusui minimal 5 menit pada masing-masing payudara pada hari pertama setelah melahirkan dan semakin meningkat frekuensinya setiap hari sehingga dapat meningkatkan produksi ASI optimal. Waktu menyusui 20 menit pada masing-masing payudara cukup untuk bayi. Tidak perlu membatasi waktu menyusui. Frekuensi menyusui yang sering dapat meningkatkan produksi ASI, mencegah payudara nyeri dan sakit karena penumpukan dan penggumpalan ASI, dan meminimalkan kemungkinan bayi menjadi kuning.

Saat ini banyak ibu menyusui yang tidak mengetahui pentingnya gizi yang tepat bagi ibu yang sedang menyusui. Gizi yang tepat sangat diperlukan bagi ibu menyusui karena zat makanan yang dimakan oleh ibu akan berpengaruh bagi perkembangan bayi. Gizi ibu menyusui adalah makanan sehat selain obat yang mengandung protein, lemak, mineral, air, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dalam jumlah tertentu selama menyusui.

Gizi pada ibu menyusui sangat berhubungan dengan produksi air susu yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembang bayi. Bila pemberian ASI berhasil, maka berat badan bayi akan meningkat, integritas kulit baik, serta kebiasaan makan yang memuaskan. Ibu menyusui tidak terlalu ketat dalam mengatur nutrisinya, yang terpenting adalah makanan yang menjamin pembentukan air susu yang berkualitas dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Ibu yang telah melahirkan akan memasuki masa postpartum.

Masa postpartum merupakan masa pemulihan karena merupakan faktor penunjang yang utama produksi ASI sehingga apabila gizi tidak terpenuhi akan menghambat produksi ASI dan dapat mempengaruhi komposisi serta asupan nutrisi untuk bayi yang baru lahir. Ibu menyusui memiliki kebutuhan gizi yang banyak yang terkandung di dalam setiap makanan yang dikonsumsinya. Pendidikan tentang gizi sangat penting diberikan untuk memberikan pengetahuan yang sebelumnya belum diketahui, sehingga dengan demikian pola makannya akan lebih diperhatikan melalui penyusunan menu seimbang yang dianjurkan dalam pemenuhan kecukupan gizi. beberapa perlengkapan ibu menyusui bisa anda persiapkan jika anda berencana memberikan ASI eksklusif.